Friday, May 2, 2008

belajar baca...?


Ah, lagi bingung. Sekarang anakku udah mulai suka merangkai huruf dari buku-buku yang pura-pura dibacanya. Gak cuma buku, kalau lagi jalan-jalan pun dia suka spelling huruf dari kata-kata yang dia liat di jalan. Langsung kepikiran untuk ngajarin dia baca, tapi gak tau harus gimana. Metode pelafalan kata dalam bahasa inggris kan beda banget sama pelafalan dalam bahasa indonesia. Misalnya, huruf "e" di bahasa inggris ada yang dibaca seperti lafal "e" seharusnya, dan ada yang harus dibaca seperti kita ngucapin huruf "i" dalam bhs indonesia, dan seterusnya dan seterusnya.
Udah cari informasi di mbah google dot com, katanya ngajarin baca anak itu enggak ada kata terlalu dini ato terlalu lambat, semuanya tergantung dari capability si anak itu sendiri. Ya, kalau attar ini, bisa aku bilang sangat-sangat tertarik untuk bisa baca, karena dia itu mau belajar huruf, spelling dan giving full attention setiap aku ajarin dia spelling. Contohnya, dia mulai ngeh kalau A-T-T-A-R means his name. Aku juga kaget waktu hari ini aku tulis nama dia trus secara spontan dia ngomong "ATTAL". Berarti dia inget pola huruf yang ada di namanya setiap kali aku kasih tau.
Trus, kemaren aku maen-maen toys r us, iseng-iseng ke bagian maenan learn to read dan segala macemnya. Aku liat ada maenan produknya Hooked on Phonics Learn to Read. Jadi semacem paket untuk belajar baca yang ada stagenya. Start dari baby sampe 2nd grade. Aku beliin attar untuk yang Pre-K (Kindergarten) 3-4 years old, ternyata Attar udah bisa kuasain semua materi. Dari mulai letter names, letter sounds sampe phonemic awarenessnya. Walah.. kalo begitu, dia sebenernya udah siap sama yang Kindergarten stage dong..? Tapi aku takut, takut dia belom siap untuk belajar lebih jauh. Masalahnya umurnya kan baru 2 taun.
Well, yang udah pernah punya pengalaman ngajarin anak baca dalam bahasa inggris, kasih info ya, butuh banget nih...

5 comments:

  1. pinterrrr..
    ayo bu, ntar klo dah sukses kasi tau gua caranya ya.. hehehehe..

    ReplyDelete
  2. ihh kak attar pinterr..
    ajarin zikra jg dong bacanya:)

    ReplyDelete
  3. Wuih attar hebat, alhamdulillah.

    Kalau Raka maen spelling dulu kayak Attar sekarang terus setiap kita bacakan buku ke dia, tiap kata yang dibaca itu ditunjuk. Akhirnya dia bisa merecognize kalau t-h-a-t itu dibacanya that misalnya. Minjem buku we ke library yang first reader, kan setiap lembar itu cuma sedikit kata2nya, gampang buat dia dibacanya.

    Kalau Ai Hanif mah setelah apal huruf, maen2 phonic terus baca buku ditunjuk itu dan tiba2 baca lancar deh. Alhamdulillah mudah da, Attar juga geura bakal cepet.

    Lucu geura si Ai mah ari maca buku lancar dan cepat tapi masih cadel hehe. Sukses ya!

    Kumaha kabar si baby? sehat semua ya!

    ReplyDelete
  4. Hi Mrs Netta, slm kenal, aku Fanuel tinggal di Anchorage, Alaska. Lagi browsing cari resep sop, eh ktm dapurnya Mrs Netta, trus baca blog ini deh. Aku dulu guru les bhs Inggris dari baby-dewasa. Mnrutku Attar dah siap kok buat bljar lbh jauh lagi. Kl aku dulu buat alfabet ditulis di karton trus digunting2,nah muridku tak suruh eja pasti pas pertamanya dia eja spelling dlm bhs Ind tp kemudian aku ajarin cara ngucapinnya plus kasih contoh kata2nya misalnya C, (se), car,emang butuh wkt lama, tp kl liat Attar sih kyknya bakal cepet asal telaten aja. Stlh a-z baru coba tunjukkan gambar trus suruh dia eja, misalnya gambar mobil, maka c-a-r. Cuma sekedar masukan aja sih mungkin bisa membantu. Salam buat Attar.( Fanuel, live2pray@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. hebat attar... net itu mau juga ah cari produk itu di toys r us. si kaka belon ngomong sih, tapi tertarik banget sama baca huruf.

    yok attar, pasti langsung bisa 2-2nya deh bhs inggris dan indonesia.

    ReplyDelete

Quote

Quote

Quote