Monday, July 31, 2006

Kok bisa..??

Assalamualaikum...

Udah beberapa hari ini, pas kebeneran nonton CNN pagi-pagi sama Daddy, pasti ada berita tentang si Andrea Yates yang nenggelemin 5 orang anaknya di bath tub. Astaghfirullah.. kok bisa ya..?

Tapi, dengan alasan penyakit mental dan pospartum depression, akhirnya Andrea dinyatakan "not guilty" alias bebas ajah gitu tanpa perlu ngejalanin proses hukum apapun. Lagi-lagi pertanyaan aku: kok bisa ya, gak dihukum..?


Apa bener, postpartum depression bisa bikin seorang ibu yang udah cape-cape hamil 9 bulan dan sakit ngelahirin jadi bikin tega buat ngebunuh anaknya dengan cara yang sadis gitu..?


Aku sempet diskusi ringan sama suamiku tentang hal ini. Komentar dia sih wajar-wajar ajah kalau ibu-ibu di Amerika banyak yang kena sindrom postpartum depression, soalnya sistem kekeluargaan disini beda sama sistem kekeluargaan di Indonesia. Coba aja, kalau ada perempuan di Indonesia yang ngelahirin, pasti orang tua ikut turun tangan kasih bala bantuan. Belom lagi dari sodara-sodaranya. Makanya, di Indonesia, penyakit Baby Blues atau Postpartum Depression enggak sepopuler disini. Tapi kalau di Amerika, bantuan dari orang tua si perempuan, paling cuma seminggu dari kelahiran bayi, selebihnya mereka sibuk sama urusan masing-masing. Makanya, Baby Blues Syndrome atau Post Partum Depression jadi hal yang populer banget buat ibu-ibu yang baru ngelahirin disini.


Aku juga sempet sih ngerasa "down" waktu beberapa minggu setelah mama papa pulang. Tapi, itu sih gak berlangsung lama. Soalnya, Alhamdulillah aku didukung sama suami yang kooperatif. Walaupun dia masih ngaco pasangin diapernya Attar, tapi dia rela kok bangun subuh-subuh trus ganti diapernya Attar trus langsung ajak main Attar keluar kamar, padahal aku tau matanya dia masih sepet alias ngantuk.


Duuh... sampe detik ini, aku selalu berdoa sama Allah supaya terus dikasih kekuatan dan terutama KESABARAN dalam ngurus anak.


Wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment

Quote

Quote

Quote