Sunday, January 22, 2006

Nikmatnya pengajian...

Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

Assalamualaikum...
Kemaren kan udah aku bilang, kalau tiap hari minggu tuh ada pengajian. Yah, yang ngaji gak banyak sih, cuma 3 keluarga aja. Tapi itu juga udah alhamdulillah banget loh, tinggal di kota kecil di amerika tapi masih bisa ngaji tiap minggunya. Yang aku maksud 3 keluarga itu semuanya orang indonesia yang tinggal disini. Sebenernya, kalau mau dikumpulin, orang indonesia yang tinggal di Charlottesville itu ada sekitar 20-an yang aku tau. Berhubung yang lainnya pada sibuk kerja dan rata-rata mereka itu single, jadi deh kita-kita aja yang udah berkeluarga yang ikut pengajian.
Aku kenalin yah siapa-siapa aja. Nih, keluarga pertama tuh keluarganya mas cepy. Mas cepy itu bisa dibilang head chef di restoran te
mpat suamiku kerja. Istrinya namanya mbak novi, baru punya anak satu, namanya Kautsar. Ya itu dia yang sering dititipin aku kalau mamanya kerja malem.
Yang kedua, keluarganya mas Andri. Istrinya namanya mbak ennie dan baru punya anak satu juga, namanya Armi. Mas Andri ini kerjanya jadi supervisor di perusahaan yang bikin sushi express, kalau mbak ennie kerja part time jadi waitress di restoran thailand bareng sama mbak novi, mamany
a Kautsar.
Nah, yang ketiga itu keluarganya Firman. Hihihi.. that's my adorable husband. Kita sih blon punya anak, soalnya anaknya masih di oven. Ntar insya Allah sebulan lagi baru mateng (emang kue..!!).
Tempat pengajiannya tuh bergilir. Nah, untuk minggu ini, kebeneran aku yang ketempatan. Tau nggak, apa yang istimewa selain dapet ilmu agama dari pengajian ini..? Hehehe, jangan ketawa yah.. ituloh.. makanannya (klo orang maruk, emang gak jauh-jauh dari makanan..). Yep, jadi setiap selesai pengajian, kita tuan rumah tuh pasti nyuguhin makanan kecil (kadang makanan berat juga). Soalnya, kan abis ngaji and ngebahas hadits pasti perut keruyukan doong.. apalagi pengajiannya dimulai ba'da dzuhur, jadi aja pas sama waktu lunch.
Kebanyakan sih, makanan yang disajiin bikin kita jadi gak homesick ama Indonesia. Soalnya, menunya jajanan ala indo sih. Dari mulai ketoprak, bakwan sayuran, ketupat sayur, mie ayam, bakso, sampe somay. Hmm.. apalagi makannya bareng-bareng, gak nyadar deh dua mangkok udah selesai, kekekekkk..
Menu yang aku bikin minggu ini,
Bakso Sapi with Tendon sama Crispy Spring Roll. Tadinya sih mau tambah puding strawberry buat anak kecilnya, tapi gak keburu, berhubung akunya udah keberatan perut, jadi udah agak-agak males deh nguprek-nguprek kelamaan di dapur. Bikinnya sih simpel, tapi ngerebus tendonnya udah aku lakuin dari malem sebelumnya. Soalnya lama ajah gituloh. Sekitar 2 jam lebih. Jadi, pas paginya aku tinggal ulek bumbu sama rebus bakso deh. Kalau spring roll mah gampang, bumbunya gak ada yg perlu diulek, cuma di cacah-cacah aja.
Model pengajian yang kita pake tuh begini. Jadi, setiap orang itu ngebaca ayat Al-Quran sekitar 10 ayat ditambah artinya. Trus bergilir deh sampe semuanya kebagian baca. Selesai itu, kita ngebahas hadits. Yah semacam sesi tanya jawab gitu. Gak formal sih, karena kita semua disini gak ada yang dibilang expert dalam hal ilmu agama. Cuma saling berbagi info aja. Biasanya, kalau kita punya pertanyaan soal agama, kita cari bareng-bareng jawabannya dari buku hadits atau dari ayat Al-Quran. Lumayan loh, udah banyak hal yang kita dapet. Misalnya, kita jadi faham banget tata cara sholat yang disunahkan nabi. Permasalahan umum suami istri. Dan insya Allah kita gak salah lagi karena panduan kita tuh Al-Quran and Al-Hadits.
Serunya lagi, kalau pas lagi ada yang ngaji, anakku didalem perut tuh heboh banget tendangannya. Kayanya dia seneng banget denger orang ngaji, apalagi kalau mamanya yang ngaji, hehehe.. Alhamdulillah deh kalau kamu seneng nak.. Biar jadi anak sholeh ya sayang..
Yah, begitulah sekelumit tentang pengajian ala small family in Charlottesville. Walaupun sedikit tapi manfaatnya itu looh.. Subhanallah, banyaaak.. Kadang kita gak pernah kepikiran untuk ngelakuin small thing kaya gini. Padahal.. actually.. it's a big thing...
Wassalamualaikum...
Myspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter GraphicsMyspace Glitter Graphics, MySpace Graphics, Glitter Graphics

No comments:

Post a Comment

Quote

Quote

Quote