Monday, December 11, 2006

i am pure indonesian

Assalamualaikum...

Kemaren, abis chat sama temen lama. Maksudnya, temen yang udah lama gak ketemu, tapi ujug-ujug ketemu gara-gara friendster *hebat juga si friendster ini*. Setelah ngobrol ngalor-ngidul, sampe lah kita ke obrolan soal makanan. Dia nanya gini :

Temen : " Enak dong lo disono makan makanan bule terus.."
Aku : * diem sambil ngebayangin makanan bule apa aja yang udah dimakan*
Temen : BUZZ *ngasih kode, kok gak ngebales*
Aku : " Sori, gw bingung, soalnya selama disini gw jarang banget ke restoran amerika."
Temen : " Lah, terus lo makan apa..?"
Aku : " Masak sendiri."

Oke, pembicaraan seterusnya gak perlu dipajang, soalnya masih panjang. Intinya sih, aku jadi ngeh, betapa aku ini orang Indonesia banget. Soalnya, hampir 2 tahun tinggal disini, tetep aja teu kabeuki *gak doyan* sama makanan ala amerika. Kalau snack wrap-nya Mc.D sih masih doyan, taco bell juga doyan *itu mah makanan meksiko*, subway juga masih bisa ketelen, tapi selebihnya kaya pancake, smashed potatoes, makanan berkeju-keju, duuuuh.. maap, lidah saya protes.

Jadi inget cerita waktu makan di restoran bonefish grill sama mama. Ini asli restoran amerika, soalnya semua servernya orang bule, bartendernya bule dan chefnya juga bule. Suasananya oke, temaram. Kalau mau pacaran disini, aku nganjurin deh *pletak..!*. Hostessnya ramah, nemenin kita sampe ke tempat duduk. Server yang ngelayanin ramahnya ampun-ampunan. Pake ngenalin nama, plus nanya apa kita udah pernah ke restoran ini sebelumnya, kalau belom dia ngejelasin kalau di restoran itu ikan-ikannya gak di frozen dan saus-sausnya semua homemade alias dibikin sama chefnya langsung, bla.. blaa.. blaa.. *kudu ngasih tip gede nih*.
Oke, akhirnya pilih menu. Ternyata, kita harus milih 3 menu, appetizer, entrees sama dessert. Soalnya itu udah jadi paketnya dia. Hokeih, jadi deh kita milih 3 menu. Itu juga kita milih menunya yang ada nyerempet-nyerempet asianya. Sausnya aku pilih teriyaki *gimana sih, katanya restoran amerika..?*. Nunggu 15 menit, blom mateng. Nunggu 30 menit, blom mateng juga. Akhirnya, nunggu 35 menit, baru deh mateng *beda 5 menit doaaang.. duuh..!!*. Pas makanannya udah ditaro di meja, mama melongo sambil nanya, "ini apaan..?". Hahaha.. kita ketawa barengan.
Selanjutnya, aku cuma ngabisin ikannya doang, side dishnya aku pinggirin. Mamaku yang emang omnivora, terpaksa ngabisin salad, roti yang dikasih minyak zaitun, sama angel hair punya adekku. Sayang katanya, udah mahal-mahal. Selanjutnya..? Bayar bill sekitar $80 *sigh* dan pulang sambil minta mamaku besok masak ikan asin jambal roti dipedesin...

Makanan sehari-hari aku disini, masih tetep yang berbumbu berat. Seminggu ini aja, makanan yang aku bikin, intinya berbumbu berat. Dari mulai ayam goreng kuning, ayam kalasan, ayam rica-rica, dendeng balado, gule sampe soto ayam, nah looh.. Malahan, untuk ngebuktiin betapa aku ini pure indonesian adalah: sarapan pake nasi. Orang bule itu kan heran, kagum malahan. Soalnya, most asian people eat breakfast with rice, lunch with rice and dinner with rice again, horeee.. *plok..plok..plok..*

Jadi, mo berapa lamapun aku tinggal di kampung orang, tetep aja lidah mah jodohnya sama selera kampung sendiri.

Wassalamualaikum...

No comments:

Post a Comment

Quote

Quote

Quote