Friday, February 15, 2008

edited : my dad's last moment..

Seperti yang udah diposting sebelomnya, ternyata cerita saat-saat terakhir papa bukan seperti yang aku tulis beberapa hari yang lalu. Kayanya, aku yang salah tangkep ceritanya, atau mamaku yang ceritanya sambil nangis makanya aku jadi ga ngeh.
Intinya sih, sehari sebelum papa meninggal, papa sempet bangun, seger. Malahan semept makan banyak pula, padahal kan biasanya boro-boro mau makan. Minta dipotongin rambut, cukur kumis trus mandi. Bisa solat subuh juga malahan *sambil diri*.
Besoknya, langsung deh kondisinya ngedrop, sampe masuk ICU. Dokter nyuru papa untuk disedot dahaknya, karena diduga di paru-paru papa banyak cairan. Cuma berhubung di rumah sakit itu alat penyedot dahaknya kecil dan daya sedotnya gak terlalu kuat, makanya dokter nyuruh papa untuk dibawa ke RS. Cirebon yang jaraknya sekitar 1 jam dari RS. Majalengka.
Nah, diperjalanan ini kondisi papa bener-bener kritis. Di ambulan, suster yang jagain papa bilang ke mama kalau kondisi papa kritis dan nawarin mamaku untuk nuntun papa baca syahadat. Ya udah, akhirnya mama pindah duduk ke posisi deket kepala papa. Sambil pegang tangan papa, mama ajak papa untuk ngikutin mama. Trus papa nyanggupin sambil ngangguk. Ya udah, pelan-pelan mama tuntun papa baca syahadat sama baca shalawat nabi. Yang terakhir, mama tuntun papa baca Laailahailallah. Alhamdulillah, papa dengan lancarnya ngikutin itu semua. Cuma, di bagian terakhir, suara papa emang udah agak menurun. Abis itu, papa tidur *yang ternyata udah meninggal*. Mamapun pindah lagi duduknya. Saat itu, mama masih gak ngeh kalau papa udah meninggal. Baru ketika suster periksa denyut nadinya, ternyata papa emang udah meninggal. Huhuuu.. papa meninggal salmbil dipeluk mama.

Ya Allah.. *berurai aer mata lagi deh gw..!!*

No comments:

Post a Comment

Quote

Quote

Quote